Langsung ke konten utama

Mengenal lebih dalam jaringan komputer


Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Gambar terkait

Keuntungan Jaringan komputer
1. Sharing resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
2. Media Komunikasi :Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
3. Integrasi Data: Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
4. Kemudahan Pengembangan dan Pemeliharaan: Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
5. Keamanan Data: Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
6. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini: Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.


KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER


  •  Hardware 


1. Devices
a) End devices : yang menghasilkan atau menerima pesan (PC, Smartphone, Server, CCTV IP, VoIP) b) Intermediate devices : yang membantu proses komunikasi data (router, switch, firewall)
2. Media
a) Kabel : Kabel tembaga (UTP, STP, Coaxial, serial, dll) dan kabel fiber
b) Nirkabel : gelombang radio (contoh protokol Wifi, Wimax, 3G, 4G,CDMA, VSAT)

  • Software

1. Aplikasi yang menggunakan konektivitas jaringan (misalnya protokol web, email, game, dll)
2. Routing protocol  : yang memungkinkan perangkat intermediate saling berbagi informasi.

Komponen Jarkom: Hardware
Hardware
1. Kartu Jaringan (Ethernet / Wireless)
2. Kabel Jaringan
3. Switch / Hub
4. Wireless Access Point
5. Router
6. Modem
7. Firewall

Klasifikasi Jarkom: Media Transmisi Data

1. Jaringan berkabel (Wired Network) yaitu jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain menggunakan media penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik. 
2. Jaringan nirkabel (Wi-Fi) yaitu jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan media berupa gelombang elektromagnetik yang dapat mengirimkan sinyal informasi sehingga tidak diperlukan kabel

Klasifikasi Jarkom: Area / Geografis

1. Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium, gedung perkantoran, dsb. Areanya berkisar 1-10 KM. Transmisi datanya biasanya cukup dengan menggunakan kabel jaringan atau wireless.

 Berbasis teknologi : 
  1.  IEEE 802.3 Ethernet dengan menggunakan perangkat berupa switch untuk membentuk jaringan 
  2. 802.1b (WiFi) dengan menggunakan perangkat berupa access point/router 
Karakteristik: transfer rate yang lebih tinggi & area geografis yang lebih kecil

2. Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus yang besar. MAN biasanya menghubungkan sejumlah LAN ) dengan menggunakan teknologi backbone berkapasitas tinggi, seperti fiber optic, dan menyediakan layanan up-link untuk Wide Area Network (WAN) dan Internet. Areanya berkisar 10-50 KM. Transmisi datanya mengandalkan kabel fiber optic. 
Misalnya: First Media Bintaro Area 
Karakteristik: 
  1. jaringan komputer besar yang mencakup area cakupan geografisnya > dari LAN, namun < dari WAN 
  2. menyediakan konektivitas Internet untuk LAN di wilayah metropolitan, dan menghubungkan mereka ke jaringan area yang lebih luas seperti Internet
3. Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang lebih luas lagi dan terpisah area geografis. Transmisi datanya menggunakan kabel fiber optic dan atau satelit.  Contoh: WAN Kemenkeu  
Karakteristik: 
  1. Jaringan komputer luas, dapat berupa skala nasional 
  2. Digunakan oleh organisasi pemerintah & swasta untuk pertukaran data antar  2 lokasi yang secara geografis berjauhan
4. Internet (interconnected network) adalah kumpulan dari jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung secara global
Hasil gambar untuk MAN WAN LAN

Klasifikasi Jarkom: Fungsi/Peran

1. Peer to Peer adalah jaringan yang menghubungkan antar komputer di mana masing—masing komputer yang terhubung tersebut memiliki peran yang sama.
2. Client Server adalah jaringan yang menghubungkan antar komputer di mana terdapat komputer yang berperan sebagai server (penyedia data) dan terdapat komputer yang berperan sebagai client (peminta data).


Klasifikasi Jarkom: Distribusi data

1. Jaringan terpusat yaitu jaringan komputer jenis client dan server, di mana komputer client dapat mengakses data atau informasi pada satu komputer server. 
2. Jaringan terdistribusi adalah kumpulan dari beberapa jaringan terpusat di mana komputer-komputer yang berperan sebagai server saling terhubung untuk distribusi data sehingga komputer client dapat mengakses data atau informasi dari server mana saja yang dapat dijangkau. Contoh: jaringan perbankan.

Klasifikasi Jarkom: Topologi

Topologi merupakan Tata letak dan hubungan komponen fisik dalam jaringan komputer. Topologi fisik dan logika
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan topologi jaringan, antaralain: 
• Aplikasi S / W dan protokol. 
• Jenis perangkat komunikasi data. 
• Cakupan geografis dari jaringan. 
• Biaya. 
• Keandalan (reliability), kecepatan (speed), & skalabilitas (scalability).

Sekian info yang aku bagi hari ini gaess...


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi,Sejarah dan Klasifikasi Komputer

ALOHA...GAESSS Aku mau berbagi info yang mungkin sgt berfaedah banget bagi kalian yang suka main komputer atau laptop,istilahnya computer addictedlah. Dan itung itung menambah pengetahuan juga buat kalian mengenai komputer. Oke dari pada lama lama langsung aja cus ke info... Yang Pertama Definisi Komputer Apa sih itu komputer? Komputer ialah alat elektronik yang dapat menerima dan mengolah input data dengan menggunakan suatu program yang tersimpan pada memorinya(stored program) serta dapat menyimpan program tersebut beserta hasil pengolahannya. Yang Kedua Sejarah Komputer Sejarah komputer ini terbagi menjadi 6 bagian ; 1. Pre komputer Tahun 1642,Blaise Pascal (1623-1662) menemukan kalkulator roda numerik dengan nama pascaline. Tahun 1820,Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin Arithometer Tahun 1832, Babbage bersama asistennya Augusta Ada King membuat komputer general purpose yang pertama disebut Analytical Engine. Tahun 1980,Departemen Pertahanan Amerik